Sabtu, 16 Juli 2016

Definisi Hasil Belajar



a.      Pengertian Hasil Belajar
Hasil belajar merupakan bagian dari proses belajar, adapun pengertian hasil belajar dari beberapa pendapat berikut :
Sudjana (2012:22), “ Hasil Belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah ia menerima pengalaman belajarnya”. Sedangkan menurut Kunandar (2009:253), “Hasil Belajar adalah kemampuan peserta didik dalam memenuhi suatu tahapan pencapaian pengalaman belajar dalam satu kompetensi dasar”.
Berdasarkan pendapat para ahli diatas, maka dapat disimpulkan hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah melalui proses belajar ketahap perubahan yang merupakan hasil dari pengalaman belajar pada suatu kompetensi.
Adapun perubahan perilaku yang merupakan hasil belajar, menurut Bloom (Sudjana 2012),  mengklasifikasikan hasil belajar menjadi tiga ranah, yaitu :
1)      Ranah Kognitif
Berkenaan dengan hasil belajar intelektual yang terdiri dari enam aspek, yakni pengetahuan atau ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi. Kedua aspek pertama disebut Kognitif tingkat rendah dan keempat aspek berikutnya termasuk kognitif tingkat tinggi.
2)      Ranah Afektif
Berkenaan dengan sikap yang terdiri dari lima aspek, yakni penerimaan, jawaban atau reaksi, penilaian, organisasi.
3)      Ranah Psikomotor
Berkenaan dengan hasil belajar keterampilan dan kemampuan tindakan.
b.      Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar
Menurut Tim Pengembang MKDP (2011:140-141) Secara umum, hasil belajar peserta didik dipengaruhi faktor internal, yaitu faktor-faktor yang ada dalam diri siswa dan faktor eksternal yaitu faktor yang berada diluar diri peserta didik.
1)      Faktor Internal:
a)      Faktor fisiologis atau jasmani individu baik bersifat bawaan maupun yang diperoleh dengan melihat, mendengar, struktur tubuh, cacat tubuh, dan sebagainya.
b)      Faktor psikoliogis baik yang bersifat bawaan maupun keturunan, yang meliputi:
(1) Faktor intelektual:
(a)    faktor potensial yaitu intelegensi dan bakat.
(b)   faktor aktual yaitu percakapan nyata dan prestasi.
(c)    faktor non-intelektual yaitu komponen-komponen               kepribadian tertentu seperti sikap, minat, kebiasaan, motivasi, kebutuhan, konsep diri, penyesuaian diri, emosional, dan sebagainya.
(d)   faktor kematangan baik fisik maupun psikis.
2)      Faktor Eksternal
a)      Faktor sosial yang terdiri atas :
(1)   Faktor lingkungan keluarga
(2)   Faktor lingkungan sekolah
(3)   Faktor lingkungan masyarakat
(4)   Faktor kelompok
b)      Faktor budaya seperti: adat istiadat, ilmu pengetahuan dan teknologi, kesenian dan sebagainya.
c)      Faktor lingkungan fisik, seperti fasilitas, rumah, sekolah, ilkim, dan lain sebagainya.
Faktor spiritual atau lingkungan keagaamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar